Ini Kriteria Tayangan untuk Anak

Sabtu, 27 September 2014 - 09:45 WIB
Ini Kriteria Tayangan untuk Anak
Ini Kriteria Tayangan untuk Anak
A A A
JAKARTA - KPAI meminta tayangan televisi harus bersifat mendidik dan tidak meninggalkan residu bagi proses tumbuh kembang anak.

Ketua KPAI, Asrorun Ni'an Sholeh menyatakan, film dan program-program yang sebaiknya ditayangkan dengan sasaran anak di bawah umur 17 tahun bermuatan pendidikan.

"Film yang baik untuk anak dan remaja itu dapat menghibur, mendidik dan tidak meninggalkan residu bagi proses tumbuh kembang anak" katanya kepada wartawan di KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 26 September kemarin.

Asrorun menegaskan, film untuk anak harus jauh dari unsur-unsur yang mengarah ke pornografi, tindak kekerasan, penggunaan senjata tajam, dan pembunuhan.

"Hal ini juga berlaku bagi para pengiklan. Agar para pengiklan tidak memuat iklannya yang jauh dari unsur-unsur itu. Apabila masih membandel. Akan kami layangkan surat dan kami sosialisasikan pada publik untuk tidak menonton program dan tidak membeli produk yang
diiklankan itu," tegasnya.

Komisioner KPI Bidang Isi Siaran, Agatha mengatakan, salah satu contoh film yang baik untuk di tonton oleh anak di usia 17 tahun ke bawah itu mengandung unsur pendidikan.

"Contohnya Dora The Explorer, Thomas and Friends yang tayang di Global TV. Dan Disney Junior dan Adit Sopo Jarwo yang tayang di MNC TV," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6230 seconds (0.1#10.140)