Ini Cara Cegah Tawuran Pelajar

Selasa, 26 Agustus 2014 - 15:33 WIB
Ini Cara Cegah Tawuran Pelajar
Ini Cara Cegah Tawuran Pelajar
A A A
DEPOK - Tawuran pelajar bisa dihindari dengan cara perbanyak kegiatan positif saat waktu luang belajar peserta didik di sekolah.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Komisi D Kota Depok Siti Nurjanah. Karena, pelajar akan lebih sibuk pada kegiatan sekolah dan tidak ada waktu untuk tawuran.

"Kegiatan ekstrakulikuler perlu ditingkatkan lagi. Sekolah semaksimal mungkin memberikan anak-anak kegiatan positif. Jangan biarkan waktu mereka kosong sehingga ada kesempatan berkumpul, nongkrong dengan teman-temannya setelah pulang sekolah," katanya di Depok, Selasa (26/8/2014).

Selain itu, lanjut Siti, pihak sekolah perlu melakukan razia rutin guna mengantisipasi tawuran pelajar. Menurutnya, yang tidak kalah penting adalah pendidikan berkarakter.

"Pemahaman moral dan agama perlu ditingkatkan, kalau zaman dulu ada PMP, sekarang sepertinya pelajaran itu jamnya perlu ditambah lagi," katanya.

Siti menambahkan, siswa tak hanya diberikan pelajaran dan kegiatan saja, tapi juga diperlukan adanya pendekatan emosional ke peserta didik.

"Biasanya guru sudah mengenal anak mana saja yang sepertinya sedang mengalami masalah. Pendekatan bisa dilakukan misalnya dengan mendengar curhat (curahan hati) mereka dan sebagainya," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3876 seconds (0.1#10.140)