Pemkot Akan Pangkas Pohon Tua di Bogor

Kamis, 14 Agustus 2014 - 16:15 WIB
Pemkot Akan Pangkas Pohon Tua di Bogor
Pemkot Akan Pangkas Pohon Tua di Bogor
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), segera melakukan pemangkasan terhadap ratusan pohon yang rawan tumbang. Karena, belakangan ini kota itu kerap diguyur hujan dengan intensitas sedang disertai angin.

"Kita sudah membentuk tim dan dalam waktu dekat akan melakukan penebangan terhadap pohon yang sudah keropos dan mati," kata Kepala Bidang Pertamanan DKP Kota Bogor Dian Herdiawan di Bogor, Kamis (14/8/2014).

Sebelum melakukan penebangan dan pemangkasan, kata Dian, pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu ke lapangan.

"Selain itu, kita juga akan melakukan perawatan, seperti memangkas atas pohon (toping) dan dahan pohon (puring)," tandasnya.

Dian menjelaskan, beberapa pohon yang dikhawatirkan tumbang karena angin kencang, antara lain pohon flamboyan dan angsana.

"Kita imbau disaat musim penghujan ini para pengendara motor berhati - hati di daerah yang rawan tumbang seperti putaran Kebun Raya Bogor, Jalan Pemuda, Jalan Ahmad Yani, Pajajaran, dan Dr Semeru," ungkapnya.

Lebih lanjut Dian menyebutkan, pohon-pohon yang dinilai rawan tumbang dan harus diwaspadai disejumlah lokasi pinggir jalan di Kota Bogor antara lain jenis pohon angsana, palm raja, flamboyan dan jenis pohon akasia.

"Pohon-pohon tersebut resiko tumbangnya sangat besar, apalagi ada yang usianya ratusan tahun," jelasnya.

Sementara itu, Pemkot Bogor dalam waktu dekat baru akan memangkas 12 belas pohon yang berusia puluhan tahun. Jenis pohon angsana dan beringin di Jalan Pemuda, Kumbang, Pakuan, Tentara Pelajar, Batutulis, Pajajaran, Sukasari dan Semeru.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5767 seconds (0.1#10.140)