Ini Cara Mencegah Poliandri

Rabu, 13 Agustus 2014 - 10:20 WIB
Ini Cara Mencegah Poliandri
Ini Cara Mencegah Poliandri
A A A
JAKARTA - Guna mengantisipasi poliandri, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau agar pasangan suami istri tidak sembarangan mengikuti ajaran tertentu. Karena, boleh jadi ajaran tersebut sesat dan menyesatkan.

"Pertahankan kesucian lembaga pernikahan. Perkuat nilai agama dan tidak ikut ajaran yang menyesatkan. Pertahankan kesucian rumah tangga," kata Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tangerang Selatan (Tangsel), Abdul Rojak saat dihubungi Sindonews, Selasa 12 Agustus 2014.

Rojak yang juga menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Tanggerang Selatan (Kemenag Tangsel) juga mengimbau, pasangan suami istri harus saling menghormati satu sama lain dan ajaran agama yang dianutnya.

"Taat pada pasangan yang sah. Menjaga hawa nafsu agar tidak tersesat. Menaati dan memahami nilai-nilai yang terkandung di dalam agama." ujarnya.

Maka dengan demikian, kata dia, kasus poliandri terjadi di Tangsel tidak terulang kembali. Karena, poliandri atau istri mempunyai suami lebih dari satu itu akan menyulitkan garis keturunan anak.

Sebelumnya diberitakan, seorang suami nekat melabrak Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cikupa, karena dinilai telah menikahkan istrinya dengan lelaki lain. Turyaman baru mengetahui hal tersebut setelah mendengar desas-desus kalau istrinya menikah lagi.

Setelah dicek ke KUA Kecamatan Cikupa, ternyata benar istrinya menikah lagi. Pihak KUA Cikupa sendiri menyatakan kalau pernikahan tersebut sah karena sang istri melengkapi dokumen kalau dirinya merupakan janda yang ditinggal mati suaminya walaupun data itu palsu.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5328 seconds (0.1#10.140)