Perampok dengan Modus Seragam Polisi Diringkus

Senin, 02 Juni 2014 - 18:03 WIB
Perampok dengan Modus Seragam Polisi Diringkus
Perampok dengan Modus Seragam Polisi Diringkus
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya meringkus empat pelaku perampokan truk kontainer yang kerap beraksi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Pelaku yang biasa beroperasi menggunakan seragam polisi diringkus di tempat terpisah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, empat dari enam pelaku berhasil ditangkap yaitu LS ditangkap di kawasan Bogor. Selanjutnya, pihaknya kembali menangkap AC dan HS di Jakarta Utara, terakhir RH ditangkap di Jakarta Timur. Sementara dua pelaku lainnya masih dalam pengejaran.

"Sekitar Mei 2013 melakukan perampokan truk bohlam Philips dengan hasil uang sebesar Rp765 juta. Oktober 2013, truk bermuatan Hemaviton dengan hasil sebesar Rp120 juta dan Februari 2014 perampokan truk dengan muatan ban dengan hasil Rp215 juta," kata Rikwanto di Jakarta, Senin (2/6/2014).

Meski demikian, kata Rikwanto, modus operasi yang dilakukan komplotan ini selalu sama, yakni seorang di antara mereka menggenakan seragam polisi untuk mengelabui sopir truk. Di ruas tol Cikampek, diakuinya, banyak terjadi kasus pencurian dengan kekerasan yang dilakukan berbagai kelompok.

"Ada yang beraksi ditempat perisitirahatan, ada yang memotong di tengah jalan dan ada yang ditodong saat sedang tidur. Modusnya beda-beda," ungkapnya.

Data yang dimiliki Polda Metro Jaya dalam setahun kemarin, pihaknya menerima sekitar 15 laporan perampokan truk di wilayah tersebut.

Selain itu, Kanit V Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Handik Zusen menegaskan, truk hasil jarahan beserta isinya kemudian dibawa ke tempat penampungan. Muatan truk dijual dengan harga Rp210 juta dan truk dijual seharga Rp20 Juta. Uang hasil pencurian kemudian dibagi-bagi,

"Sebagai eksekutor mendapat bagian lebih banyak sebesar Rp180 juta dan sisanya dibagi ke kelompok penjual yang masih dalam pengejaran," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5518 seconds (0.1#10.140)