Penyebab Senpi Sulit Dimusnahkan

Selasa, 27 Mei 2014 - 07:15 WIB
Penyebab Senpi Sulit...
Penyebab Senpi Sulit Dimusnahkan
A A A
JAKARTA - Senjata api (senpi) kian mudah didapatkan, bahkan senjata itu kerap mdijadikan pegangan untuk melakukan aksi kejahatan. Apakah senpi itu bisa dimusnahkan?

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Edi Saputra Hasibuan mengatakan, senjata api rakitan yang beradar luas dikalangan masyarakat adalah kreativitas masyarakat dalam merakit. Tapi sayang, hal itu digunakan di jalan yang salah.

"Senpi rakitan ini buatan tangan masyarakat yang mudah untuk dimiliki oleh masyarakat sipil, tapi sulit untuk dimusnahkan. Karena, itu pelaku kejahatan mudah untuk mendapatkannya," kata Edi saat dihubungi Sindonews, Senin 26 Mei 2014 malam.

Maka itu, kata Edi, pihak kepolisian harus lebih memperketat peredaran senpi ilegal itu dikalangan masyarakat. Jangan sampai, senpi itu terus memakan korban dan dibuat untuk aksi kriminalitas.

"Polisi harus memperketat peredaran (senpi) itu. Karena pelaku kejahatan sudah mudah mendapatkannya dan itu sangat membahayakan," pungkasnya.

Edi juga berharap, aparat kepolisian harus berada di lokasi yang diduga rawan aksi kriminalitas. Hal itu bertujuan untuk mempersempit ruang kerja para pelaku kejahatan.

"Maka itu, polisi harus ada di lokasi yang dinilainya rawan terhadap aksi kriminalitas," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0747 seconds (0.1#10.140)