Rusun Sudah Tepat, Sayang Salah Sasaran

Sabtu, 24 Mei 2014 - 13:35 WIB
Rusun Sudah Tepat, Sayang Salah Sasaran
Rusun Sudah Tepat, Sayang Salah Sasaran
A A A
JAKARTA - Pengamat perkotaan Universitas Trisakti, Nirwono Joga menegaskan, pembangunan rumah susun yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah tepat untuk mengatasi terbatasnya lahan. Sayangnya, begitu pembangunan rampung rusun tersebut dihuni oleh warga yang mampu.

"Yang pertama itu karena keterbatasan lahan di Jakarta, hunian vertikal itu menjadi salah satu pilihan masuk akal bagi Jakarta, karena lahan di Jakarta sudah tidak mungkin dibangun hunian dengan horizontal," ujarnya saat dihubungi Sindonews, Sabtu (24/5/2014).

Kemudian Joga mengatakan bahwa banyak rusun yang sasaran tidak tepat. Padahal salah satu tujuan dibangun rusun tersebut itu adalah untuk masyarakat menengah bawah.

"Saya melihat rusun ini hanya untuk memindahkan rumah tapi tidak untuk menyejahterakan warganya," ujarnya.

Kemudian yang paling terpenting ialah belum ada upaya serius untuk membentuk budaya bagi warga relokasi yang terbiasa tinggal di hunian horizontal untuk mencintai huniannya.

"Budayanya belum terbentuk, harusnya perlu sosialisasi," terangnya.

Ia mencontohkan, di negara Singapura atau Vietnam mereka menyosialisasikan warga dan rusun dalam jangka waktu yang lama yaitu 20 tahun. Seharusnya ini juga dilakukan Pemprov DKI agar penghuni rusun merasa ikut memiliki dan mau merawat dengan baik.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4452 seconds (0.1#10.140)