Psikolog: Pelecehan seks di sekolah sangat memprihatinkan

Rabu, 16 April 2014 - 10:07 WIB
Psikolog: Pelecehan seks di sekolah sangat memprihatinkan
Psikolog: Pelecehan seks di sekolah sangat memprihatinkan
A A A
Sindonews.com - Prilaku tak senonoh yang dilakukan pegawai kebersihan di area Jakarta International School (JIS), Pondok Indah, Jakarta Selatan, sangat memilukan. Karena, perbuatan tersebut terjadi di area yang seharusnya nyaman untuk peserta didik.

"Kejadian ini sangat memprihatinkan sekali. Kasusnya terjadi di sekolah dan menimpa anak dalam usia dini," kata psikolog dari Universitas Indonesia (UI) Lydia Freyani Hawadi kepada wartawan, Rabu (16/4/2014).

Reni sapaan akrabnya ini menduga, kejadian ini bukan hal yang pertama di sekolah tersebut. Maka itu, dia menyarankan agar orangtua membekali anak mengenai pendidikan seks sejak dini.

"Misalnya, anak diberi pengertian untuk organ intim (yang) tidak boleh dipegang oleh sembarangan orang. Dan anak dibekali untuk berani melawan jika ada yang ingin bertindak tidak senonoh (kepada dirinya)," imbuhnya.

Oleh sebab itu, kata dia, baik sekolah maupun orangtua harus lebih memperhatikan tingkah laku anak yang mulai berbeda. Dia berharap, sekolah sebagai tempat edukasi seharusnya memperhatikan hal itu, orangtua juga seperti itu.

"Bukan hanya sekolah, tetapi juga orang tua. Harus sama-sama waspada terhadap anak," pungkasnya.

Baca:
Komnas PA bantu korban pelecehan seksual di JIS
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5490 seconds (0.1#10.140)