Kualitas lembar jawaban UN 2014 jelek

Senin, 14 April 2014 - 20:41 WIB
Kualitas lembar jawaban UN 2014 jelek
Kualitas lembar jawaban UN 2014 jelek
A A A
Sindonews.com - Ujian Nasional (UN) yang digelar hari ini untuk tingkat SMA, SMK dan sederajat masih menemukan permasalahan. Kualitas lembar jawaban komputer (LJK) UN dinilai jelek.

Seperti yang diungkapkan panitia UN Madrasah Aliyah Al-Hamidiyah, Pancoran Mas, Embay Sadiyah. Menurutnya, peserta ujian harus berhati-hati saat menghapus LJK UN.

"Kualitas LJK UN kurang baik, sehingga kalau saat dihapus akan timbul bekas hapusan atau warna merah. Khawatirnya, kalau menghapusnya asal-asalan bisa rusak dan tidak jelas saat di-scanner (dikoreksi). Kita juga umumkan ke siswa agar mengerjakan soalnya hati-hati," ujarnya kepada wartawan, Senin (14/4/2014).

Embay mengungkapkan, secara umum proses UN berjalan dengan baik. Meski begitu, ia mengaku menerima laporan dari siswa adanya soal yang rancu. Misalnya, dalam soal Bahasa Indonesia nomor 9.

"Perintahnya, siswa diminta untuk menemukan kata turnamen dalam paragraf. Namun, kata turnamen tidak ditemukan di paragraf. Artinya, soalnya tidak nyambung," pungkasnya.

Ketua Pelaksana Pengawasan UN Kota Depok Memed Karmedi membenarkan kualitas LJK UN yang kurang baik. Sehingga, saat soal dihapus dikhawatirkan tetap akan ada noda.

Meski begitu, Memed menilai kualitas LJK tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. "Di hari pertama UN ini berjalan baik. Cuma memang, kertas jawaban masih tipis. Sehingga, kalau dihapus maka berbekas dan bisa mengaburkan," jelasnya.

Soal UN didistribusikan ke 15 penyelenggara atau Madrasah Aliyah (MA) Swasta Depok. Sedangkan peserta di tingkat MA sebanyak 805 siswa.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6491 seconds (0.1#10.140)