Puluhan bangunan di Kemayoran dirobohkan

Minggu, 16 Februari 2014 - 13:27 WIB
Puluhan bangunan di...
Puluhan bangunan di Kemayoran dirobohkan
A A A
Sindonews.com - Puluhan bangunan di kali Sention, Kebon Kosong, Kemayoran dibongkar. Setelah dibongkar, lokasi tersebut rencananya akan dibuat Jalan Inspeksi untuk normalisasi kali tersebut.

Dalam pembongkaran tersebut, petugas mengerahkan satu alat berat dan 50 personel Satpol PP Jakarta Pusat. Dari ratusan rumah, baru 30 rumah yang diratakan oleh petugas.

Pembongkaran berjalan aman dan tertib karena sekira 142 Kepala Keluarga (KK) telah direlokasi ke rusun Komarudin Jakarta Timur.

Abdullah Ginting (38) pemilik bangunan yang tidak digusur mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah yang telah memikirkan warganya di pinggir kali.

Pasalnya setelah dilakukan penggusuran kawasan tersebut tidak lagi terlalu padat. Tidak hanya itu dengan rencana pembangunan kali Inspeksi tentu akan menambah akses Jalan menuju Ancol, Jakarta Utara.

"Semoga pembuatan Jalan Inspeksi bisa dikebut agar kawasan ini bisa ramai," ungkapnya.

Kasat Pol PP Jakarta Pusat, Yadi Rusmayadi mengatakan, untuk mengamankan proses penertibkan bangunan di kawasan tersebut pihaknya menurunkan 50 personel.

"Pengamanan dilakukan agar para pekerja penertiban bisa melakukan tugasnya dengan baik," ujarnya di lokasi.

Lebih lanjut Yadi mengatakan, setelah pembongkaran bangunan selesai pihaknya juga akan stand by hingga puing bangunan di angkat dan kawasan tersebut bersih.

Koordinator Normalisasi Kali Sentiong, Haryanto, mengatakan proses pembongkaran bangunan diharapkan selesai dalam waktu seminggu.

"Setelah itu, baru perbaikan jalan pinggir kali diikuti peninggian tanggul," ucapnya.

Heryanto mengatakan, saat ini lebar kali Sentiong 10 Meter tapi kedalamannya hanya satu meter, hal ini disebabkan tingginya sedimen di dasar kali tersebut.

"Target kita untuk kali sepanjang 350 meter akan kita keruk dalam waktu satu bulan," ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)