Dishub tawarkan jalur Transjakarta ke Metro Mini

Senin, 10 Februari 2014 - 09:10 WIB
Dishub tawarkan jalur Transjakarta ke Metro Mini
Dishub tawarkan jalur Transjakarta ke Metro Mini
A A A
Sindonews.com - Dinas Perhubungan (Dishub) menawarkan fasilitas busway bagi operator bus Metro Mini yang bersedia membenahi manajemen layaknya bus Kopaja AC. Jika tidak mau melakukan pembenahan, Dishub menyarankan agar Metro Mini membubarkan diri.

Bila tidak bersedia, bus bercat oranye yang dikenal kerap ugal-ugal dan menyebabkan kecelakaan itu diminta membubarkan diri ketimbang membahayakan nyawa warga dan pengguna jalan.

"Kalau Metro Mini mau berbenah dan merubah bentuk seperti Kopaja ya silahkan. Daftarkan ke kami (Dishub), nanti kami kasih lewat jalur busway," kata Kepala Dishub DKI, Udar Pristono saat dihubungi, Senin (10/2/2014).

Udar mengutarakan, selama ini jajarannya terhitung sudah mengandangkan puluhan armada Metro Mini karena tidak layak jalan. Beberapa di antaranya ada yang 'bertobat' dan memperbaiki armada setelah mendapatkan penindakan.

"Kami kasih mereka kesempatan merubah manajemen, tapi kalau tidak bersedia, lebih baik membubarkan diri saja, dari pada mengancam nyawa orang banyak," tegasnya.

Ia mengatakan, seharusnya para pengusaha atau operator bus Metro Mini bisa menyontoh Kopaja. Di mana operator bus tersebut telah memperbaiki manajemen dan merubah bentuknya menjadi angkutan umum non ekonomi ber-AC.

"Kopaja itulah aliran yang benar. Mereka merubah manajemen dan busnya, juga punya pool," ujarnya.

Udar menjanjikan, apabila para operator bersedia berunding dan merubah manajemen, armada tersebut akan naik kelas menjadi bus kota non ekonomi ber-AC.

Bila sudah demikian, harga tiket Metro Mini secara otomatis naik dari Rp3.000 menjadi Rp6.000.

Baca juga:
Izin trayek Metro mini maut akan disetop
Dishub: Operator kurang tanggung jawab
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6113 seconds (0.1#10.140)