Pasang spanduk, warga tolak relokasi makam

Rabu, 05 Februari 2014 - 23:09 WIB
Pasang spanduk, warga tolak relokasi makam
Pasang spanduk, warga tolak relokasi makam
A A A
Sindonews.com - Setelah pembongkaran 93 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cigaten, warga yang mengaku ahli waris jenazah-jenazah yang dimakamkan di sana memasang spanduk penolakan relokasi makam dari TPU Cigaten ke TPU Cihuni.

Dalam spanduknya, warga menyatakan secara tegas menolak rencana pengembang untuk melakukan ruislag atau relokasi makam dari tanah wakaf di lokasi tersebut ke lokasi lain.

"Kami menolak, apapun itu alasannya pemindahan makam, apalagi relokasi dimaksudkan untuk memuluskan pengembang mempergunakan lahan untuk kawasan elite," kata Rahmat salah seorang warga Kampung Cigaten, Rabu (5/1/2014).

Rahmat juga mengatakan, sebagai ahli waris tidak pernah memberikan izin kepada siapapun untuk menggali, bahkan memindahkan jasad-jasad keluarganya yang sudah dimakamkam puluhan tahun di lokasi TPU Cigaten.

"Kami tidak akan setuju, walaupun ada embel-embel uang yang diberikan pengembang. Kami ingin makam-makam ini tetap ada di sini," tegasnya.

Bahkan warga juga meminta pihak kepolisian untuk tegas mengusut masalah ini hingga tuntas.

Sebelumnya diberitakan ada 93 makam yang dibongkar tiga orang pelaku yang berinisial D, I, dan S. Kepada polisi para pelaku mengaku hanya membongkar 82 makam dan memindahkannya ke TPU Cihuni dalam 25 makam.

Bahkan para pelaku juga mengaku, disuruh ahli waris dengan imbalan Rp250 ribu per makam hingga akhirnya para pelaku tidak ditahan dan hanya dijadikan saksi.

Warga sekitar menduga ada oknum pengembang pada aksi penggalian makam di lahan TPU Cigaten yang diketahui seluas 7.000 meter persegi dengan hak sertifikat. Karena kabar yang beredar pengembang memberikan kompensasi 1,5 juta kepada ahli waris yang mau memindahkan makam-makamnya dari sana.

Baca:
Bertambah, makam yang dibongkar jadi 93
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3761 seconds (0.1#10.140)