Sumur 7 lubang jadi magnet di Vihara Gayatri

Sabtu, 01 Februari 2014 - 00:12 WIB
Sumur 7 lubang jadi magnet di Vihara Gayatri
Sumur 7 lubang jadi magnet di Vihara Gayatri
A A A
Sindonews.com - Keramaian umat di Vihara Gayatri saat perayaan tahun baru Cina 2565, tidak hanya untuk beribadah. Tetapi, ada daya tarik yang dimiliki oleh vihara tersebut.

Pengurus Vihara Gayatri Darmawan menuturkan, vihara ini memiliki sumur tujuh lubang. Karena, air di tiap lubang itu dipercaya memiliki kekuatan masing-masing sesuai dengan kepercayaan umat.

Dia mencontohkan seperti beberapa keyakinan, ada lubang yang dipercayai bisa mendatangkan rezeki, jodoh dan penyembuhan penyakit. Tetapi, sumur itu tetap diperbolehkan untuk umum.

"Namun sumur tujuh itu dibuka untuk umum, sehingga tetap ramai pada hari-hari biasa," katanya saat ditemui di Vihara Gayatri di Tapos, Depok, Jumat (31/1/2014).

Maka itu, kata Darmawan, umat yang datang ke vihara ini bukan hanya berasal dari Depok. Tetapi dari berbagai kawasan seperti Jakarta, Bogor, Bekasi. "Ini bukan saja dari Depok, mereka keliling bukan saja satu Vihara," katanya.

Selain itu dia juga menuturkan, pihaknya menyediakan beberapa lokasi untuk umat bisa lebih khusyuk untuk menjalankan ibadahnya di vihara ini. Di antaranya tempat penyembahan dupa, pembakaran kertas doa, penyembahan dewa-dewa, hingga tempat lilin berwarna merah berukuran besar dan kecil dinyalakan.

Bahkan, kata dia, untuk memudahkan umat yang ingin berdoa, pihak pengelola juga menyediakan berbagai bahan-bahan sembahyang di tempat ini. Misalnya, kertas doa, lilin, dupa, dan air penyembahan.

"Memang kita sudah sediakan semua, ada kertas dan ada kim-kim yang terbuat dari kertas dan jerami," tukasnya.

Dominasi warna merah dalam suasana Imlek, sambung Darmawan, lebih karena warna itu dianggap keberuntungan. "Karena merah itu menandakan kecerahan dan keceriaan," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8427 seconds (0.1#10.140)
pixels