Jakarta kembali dikepung banjir

Rabu, 29 Januari 2014 - 11:00 WIB
Jakarta kembali dikepung banjir
Jakarta kembali dikepung banjir
A A A
Sindonews.com - Untuk kedua kalinya, kawasan Jakarta kembali dikepung banjir. Tidak seperti sebelumnya, banjir kali ini bukan disebabkan kiriman dari Bogor, namun disebabkan curah hujan yang cukup tinggi.

Kepala Seksi Informasi Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD DKI Bambang Surya Putra membenarkan adanya peningkatan kawasan permukiman terdampak banjir dan jalan yang tergenang sejak Rabu (29/1/2014) dinihari.

Menurutnya hal tersebut diketahui berdasarkan informasi yang masuk dari pantauan di sejumlah titik di Jakarta.

"Untuk data sementara yang kita dapat, ada puluhan titik jalan yang tergenang. Ketinggian air di sejumlah permukiman pun sepertinya kembali naik. Bisa jadi ada penambahan pengungsi, tapi data masih kami kumpulkan," jelasnya kepada wartawan.

Berdasarkan informasi dari sejumlah pintu air yang ada di Jakarta, banjir kali ini karena Jakarta dilanda hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang cukup lama.

Hal itu menurutnya diperkuat dengan informasi dari pintu-pintu air yang berhubungan dengan Kali Ciliwung. Dimana sebagian besar pintu air berstatus normal.

"Pintu air Depok, Bogor normal. Hanya Manggarai berstatus siaga dua. Tapi sejauh ini dampaknya relatif kecil. Karena itu kita perkirakan banjir dan genangan kali ini bukan kiriman dari hulu Jakarta, melainkan tingginya curah hujan di Jakarta," tukasnya.

Sementara, permukiman yang dilanda banjir antara lain di wilayah Petamburan Jakarta Pusat, Karet Jakarta Pusat, Kemang Jakarta Selatan, dan Makasar Jakarta Timur.

Seluruh wilayah tersebut merupakan wilayah yang tidak berada dekat dengan Kali Ciliwung yang selama ini menjadi salah satu penyebab utama banjir di Jakarta.

Baca juga: Ini jalan yang tergenang di Jakarta
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6433 seconds (0.1#10.140)