Antisipasi banjir, daun pintu air Manggarai ditambah

Jum'at, 24 Januari 2014 - 08:54 WIB
Antisipasi banjir, daun pintu air Manggarai ditambah
Antisipasi banjir, daun pintu air Manggarai ditambah
A A A
Sindonews.com - Banjir saat ini menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi sejumlah masyarakat DKI Jakarta. Pasalnya, setiap kali musim hujan datang, masalah banjir akan selalu mengintai sejumlah wilayah di Jakarta.

Dikarenakan, banjir bisa merugikan masyarakat yang menjadi korbannya akibat harta dan materinya, pemerintah juga dibuat pusing olehnya. Maka itu, demi mengantisipasi banjir yang akan datang, daun pintu di pintu air Manggarai yang kini ada dua tahun ini akan ditambah satu jadi tiga.

"Sekitar Juli atau Agustus jika daun pintu tambahan itu sudah selesai," Kepala Posko Pintu Air Manggarai Adi Widodo saat berbincang dengan Sindonews, Kamis 23 Januari 2014 malam.

Pria yang sudah 14 tahun ini menjaga pintu air Manggarai ini mengatakan, penambahan daun pintu itu bertujuan untuk menambah volume air yang akan mengalir di pintu air tersebut. Karena, sambungnya, dengan demikian genangan yang ada di Jakarta dapat diminimalisir.

"Kemungkinan kita akan bisa menambah volume yang mengalir ke banjir kanal dari 350 meter kubik per detik menjadi 507 meter kubik per detik," katanya.

Musim hujan tahun 2015 mendatang, kata Adi, kemungkinan besar banjir yang akan mengintak Jakarta tidak separah tahun ini atau sebelumnya. Karena, dia menerangkan, Daerah Alirah Sungai (DAS) Ciliwung bisa berjalan dengan baik.

"Ini artinya ke depan kita bisa lebih meminimalisir terjadinya genangan-genangan yang ada di bantaran sungai khususnya yang dilalui oleh das Ciliwung," ujarnya.

Adi mengatakan, selama dia menjaga pintu air Manggarai tidak bisa semena-mena, karena aliran sungai Ciliwung ini bisa berakibat fatal jika salah mengaturnya. Karena, untuk membuta dan menutup pintu air ini memiliki prosedur sendiri.

"Manggarai itu punya tingkat-tingkat. Siaga, dimana dalam koridor setiap siaga itu ada seseorang yang berwenang supaya bisa mengambil kebijakan-kebijakannya," tambahnya.

Pintu air Manggarai sendiri memiliki waktu-waktu tertentu untuk membukanya. Misalnya saja saat musim banjir seperti saat ini pintu air di Manggarai terus dibuka agar air yang diterima dari hulu itu dapat dikurangi volumenya dan dampaknya pun dapat di minimalisir genangan-genangan tersebut.

Baca:
Katulampa dan Manggarai masih stabil
Jokowi: Pusing saya ngebahas banjir
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6813 seconds (0.1#10.140)