Manggarai Siaga I, waspadai tanggul jebol

Sabtu, 18 Januari 2014 - 02:29 WIB
Manggarai Siaga I, waspadai tanggul jebol
Manggarai Siaga I, waspadai tanggul jebol
A A A
Sindonews.com - Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai dinyatakan Siaga I. Ketinggian air di sungai tersebut mencapai 950 sentimeter.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, saat ini ketinggian Karet juga telah dinyatakan Siaga I pada posisi 620 sentimeter.

Pada Siaga I, komando di lapangan termasuk membuka atau menutup pintu air serta akan dikemanakan arah air dilaksanakan oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU.

Sutopo mengimbau warga waspada khususnya sepanjang aliran Kanal Banjir Barat dan Ciliwung Kecil antara lain daerah Kartini, Pasar Paru, Pegangsaan, Kwitang, Gunung Sahari, Karet, Grogol, Roxy, Jelambar, dan sekitarnya.

"Tingkatkan kewaspadaan, lakukan evakuasi ke tempat yang aman jika terjadi kenaikan banjir dan membahayakan jiwa," imbau Sutopo, Sabtu (18/1/2014).

Saat ini, sebagian debit Ciliwung telah dialirkan ke Ciliwung lama. Dia berharap tinggi muka air Manggarai tidak naik terus dan tidak ada tanggul jebol.

Untuk kebutuhan bantuan evakuasi, logistik, dan penanggulangan bencana lainnya agar menghubungi Call Centre Siaga Bencana Pusdalops BPBD DKI Jakarta di nomor 021-164. BNPB memperkuat BPBD DKI dalam penanganan banjir Jakarta.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5634 seconds (0.1#10.140)