Jakarta terendam, ribuan warga mengungsi

Senin, 13 Januari 2014 - 13:16 WIB
Jakarta terendam, ribuan warga mengungsi
Jakarta terendam, ribuan warga mengungsi
A A A
Sindonews.com - Hujan deras yang terus turun membuat sejumlah kawasan tergenang hingga lima meter. Akibatnya, ribuan orang mengungsi di sejumlah posko pengungsian.

Wilayah paling parah terdampak banjir berada di Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Tercatat kurang lebih 16.000 warga yang berada di delapan RW di wilayah tersebut terkena dampak banjir dengan ketinggian hampir mencapai lima meter.

Berdasarkan data yang dikumpulkan SINDO, hingga Senin (13/1/2014) siang terdapat 1.300 warga yang mengungsi. Warga yang mengungsi menempati sejumlah posko yang sudah disediakan di sekitar wilayah tersebut.

Ditemui di Posko Pengungsian Kantor Sudinkes Jakarta Timur, Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu mengatakan, ada sekira 670 pengungsi di posko tersebut. "Yang lainnya tersebar di sejumlah posko," katanya.

Sebanyak 189 jiwa mengungsi di Masjid At-Tawabin, di Kantor Lurah 163 jiwa, di Gereja GPIB Koinonia 139 jiwa, di RS Hermina 112 jiwa, di Aula Masjid It Tihadul Ikhwan 71 jiwa, Musala Al Awabin 57 jiwa, dan di Pos RW 03 sebanyak 33 jiwa.

Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menyediakan sejumlah logistik dan kebutuhan pengungsi serta evakuasi warga.

Di Kecamatan Ciracas, jumlah pengungsi terus meningkat sejak Minggu malam kemarin. Camat Ciracas, Romi Sidartha mengatakan jumlah pengungsi pada pagi ini sudah mencapai lebih dari 300 jiwa.

"Tapi jumlahnya itu terus naik sampai menjelang siang. Kemungkinan bisa lebih," tukasnya.

Baca juga:
2 balita dievakuasi dari Kampung Pulo
Lihat videonya, klik disini
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5973 seconds (0.1#10.140)