BPBD mulai siapkan posko banjir

Rabu, 08 Januari 2014 - 15:20 WIB
BPBD mulai siapkan posko banjir
BPBD mulai siapkan posko banjir
A A A
Sindonews.com - Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi membuat beberapa kawasan terendam banjir. Untuk mengantisipasi adanya pengungsian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiapkan posko di kantor kelurahan.

Kepala BPBD DKI Bambang Surya Putra memastikan sejauh ini baru tiga RT di Jalan Kemayoran, Gang Bungur, Jakarta Pusat yang tergenang.

"Air sampai ke rumah warga, tapi tinggi airnya baru mencapai 40 cm. Kalau yang 80 cm itu yang di jalan raya," katanya saat dihubungi, Rabu (8/1/2013).

Menurut Bambang, berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan deras akan mengguyur Jakarta sampai dua jam ke depan.

Atas dasar itulah, warga Gang Bungur, Kemayoran, diimbau agar berkoordinasi dengan kelurahan. "Karena kita sudah pusatkan penanggulangan bencana di tiap kelurahan," ujarnya.

Di kantor kelurahan itu, lanjut Bambang, warga yang sudah tak memungkinkan bertahan di rumah, dapat mengungsi di tempat tersebut sekaligus mendapatkan informasi.

"Jadi jika sewaktu-waktu warga sudah tak memungkinkan bertahan di rumah, dapat mengungsi ke tempat-tempat yang sudah kita sediakan. Informasi itu lengkap di kelurahan," bebernya.

Ia melanjutkan, selain di Kemayoran, genangan air cukup tinggi juga melanda pemukiman warga di wilayah Mangga Dua, Jakarta Utara dengan ketinggian sekitar 60 cm.

"Informasi yang kita dapat, genangan itu diakibatkan karena pompa di pintu air Ancol masih belum dapat dioperasikan. Jadi kami imbau pada warga, untuk tetap waspada akan bahaya banjir," imbaunya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3922 seconds (0.1#10.140)