'Jangan kucilkan penderita HIV AIDS'

Senin, 06 Januari 2014 - 17:16 WIB
Jangan kucilkan penderita HIV AIDS
'Jangan kucilkan penderita HIV AIDS'
A A A
Sindonews.com - Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi.

Salah satu penderitanya adalah seorang anak laki-laki yang masih berusia 8 tahun berinisial AR di Jatijajar, Tapos, Depok. Pada tahun 2012 juga ada balita bernama Rf di Pancoran Mas, Depok, meninggal karena virus mematikan tersebut.

Menurut Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, HIV AIDS tak serta merta bisa menularkan ke orang lain. Virus itu, kata dia, hanya bisa ditularkan melalui transfusi darah dan hubungan persetubuhan.

"Perlu diketahui bersama, Rifai bisa hidup bersama keluarganya, jangan dikucilkan, jangan pernah mengucilkan penderita HIV AIDS," tegasnya di rumah AR, Jatijajar, Tapos, Depok, Senin (6/1/2014).

Karena menyerang daya tahan tubuh, kata Mahmudi, umumnya anak-anak penderita HIV AIDS juga menderita TBC.

"Justru yang bahaya sakit TBC-nya. Namun biasanya kalau seseorang dalam penanganan pengobatan TBC maka tak akan menularkan, agar ditangani dengan baik," pungkasnya.

Pencegahannya, Mahmudi mengimbau, semua warga Depok mampu minimalisir virus tersebut dengan menghindari hubungan tak legal. Yakni menghindari pasangan bergantian serta nikah tak resmi.

"Jangan sampai pakai narkoba suntik, apalagi bekas pakai. Ikuti norma-norma agama yang baik, ikuti proses pernikahan yang benar, dan selalu menjaga Pola Bersih Hidup dan Sehat (PBHS)," tutupnya.

Baca:

Perlu suasana keluarga untuk pulihkan bocah HIV
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4477 seconds (0.1#10.140)