Musim hujan, penyakit DBD mengancam hingga Maret

Jum'at, 03 Januari 2014 - 01:13 WIB
Musim hujan, penyakit DBD mengancam hingga Maret
Musim hujan, penyakit DBD mengancam hingga Maret
A A A
Sindonews.com - Mulai tahun ini, masyarakat Depok yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) dapat dirawat secara gratis di RSUD Depok. Namun perawatan yang diberikan hanya sesuai fasilitas kelas 3.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Lies Karmawati membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, RSUD Depok harus mengklaim dana perawatan pasien DBD ke UPT Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

"Tidak ada masalah. Ini agar lebih tertib administrasi saja. Semua masyarakat Depok yang terserang DBD bila dirawat di kelas tiga RSUD Depok gratis," imbuhnya di Depok, Kamis 2 Januari 2014.

Lies menambahkan, jumlah kasus DBD tiap tahunnya stagnan dan tidak mengalami kenaikan. Tahun 2013, jumlah kasus DBD itu mencapai 1,362 kasus dan tidak ada kasus yang meninggal dunia akibat DBD.

"Ini artinya penyuluhan pola hidup sehat membuahkan hasil. Begitu juga pemberantasan sarang nyamuk. Tidak ada peningkatan kasus itu indikatornya. Ada yang terkena DBD itu bisa jadi saat orang itu digigit nyamuk di luar Depok," tuturnya.

Lies menambahkan, pada umumnya DBD itu terjadi pada musim penghujan. Mulai November hingga Maret.

"Biasanya kami imbau masyarakat untuk waspada hingga Maret, Januari 2014 kami belum mendapatkan data jumlah pasien yang dirawat karena kasus DBD," tutupnya.

Baca:
Penderita DBD gratis dirawat di kelas 3 RSUD
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8574 seconds (0.1#10.140)