Puluhan warga Citeureup keracunan makanan

Minggu, 24 November 2013 - 19:06 WIB
Puluhan warga Citeureup keracunan makanan
Puluhan warga Citeureup keracunan makanan
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 86 warga Desa Sukahati dan Hambalang, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor, mengalami keracunan usai menyantap makanan yang disediakan oleh keluarga calon pengantin di Kampung Malingping Desa Sukahati RT 01/06, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor, Sabtu 23 November 2013 petang.

Hingga sabtu malam, puluhan orang yang sebagian besar merupakan anak-anak, masih dirawat di Puskesmas Citereup. Fendi (22) calon pengantin pria yang akan melangsungkan pernikahannya dengan Arnisa (18), hari Minggu (24/11/2013) juga ikut menjadi korban keracunan.

Ditemui di Puskesmas Citereup, Fendi tidak bisa berbicara banyak. Ia hanya terbaring lemah di belangkar rumah sakit dengan tangan yang diinfus. Fendi terlihat lemah.

Dalam peristiwa keracunan massal tersebut, sebagian besar korbannya adalah anak kecil. Sedikitnya, ada 86 warga Kampung Malingping, Desa Sukahati yang mengalami keracunan. Sementara di Desa Hambalang, ada sekitar 20 orang yang mengalami gejala yang sama usai menyantap makanan yang diberikan oleh keluarga Fendi.

"Dari 86 orang di lokasi, yang dibawa ke Puskesmas ada 26 orang dan sisanya ditangani tim kesehatan di posko kampung Malingping dan Desa Hambalang. Ada beberapa yang dirujuk ke RSUD Cibinong," kata Dr Eva Wangi, Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Sabtu 23 November 2013 malam.

Menurutnya, korban yang dirawat di puskesmas mengalami gejala-gejala umum orang keracunan, seperti mual, muntah dan lemas.

"Semuanya diduga mengalami keracunan, karena semuanya mengalami gejala umum
korban keracunan makanan. Tapi makanan apa penyebabnya, kita belum pastikan. Sample makanan dan muntahan korban sudah kita bawa untuk kita uji di laboratorium," kata Eva.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6135 seconds (0.1#10.140)