Ini tarif resmi mobil jenazah di RSCM

Kamis, 14 November 2013 - 20:13 WIB
Ini tarif resmi mobil jenazah di RSCM
Ini tarif resmi mobil jenazah di RSCM
A A A
Sindonews.com - Adanya praktik calo di lingkungan RSCM diakui oleh pihak rumah sakit. Namun sejauh ini, kuantitas calo sudah menurun karena RSCM mulai bersikap atas banyaknya laporan yang masuk.

Kepala Departemen forensik dan Medikolegal RSCM, Yuli Budiningsih mengatakan, memang praktek percaloan mobil jenazah itu ada di RSCM. Namun dari tahun ke tahun kuantitasnya terus menurun.

Menurutnya saat ini sudah 70 persen pasien yang menggunakan mobil rekanan RSCM. "30 persen pasien menggunakan mobil calo dan mobil yayasan ataupun mobil partai," tuturnya, Kamis (14/11/2013).

Dirinya membantah jika harga untuk mengantar Jenazah dibilang mahal. Dari Surat Keputusan Direktur RSCM no tentang biaya antar Jenasah di Jakarta tertulis. Untuk wilayah Jakarta Pusat Rp190 ribu, Jakarta Timur Rp260 ribu, Jakarta Utara Rp300 ribu, Jakarta Barat, Rp300 ribu, dan Jakarta Selatan Rp300 ribu.

"Untuk itu kami mengimbau kepada pasien yang akan menggunakan mobil jenazah agar langsung berurusan dengan petugas kami, jangan melalui calo," tuturnya.

Menurutnya saat ini pihak RSCM tidak punya mobil Jenazah, namun ada rekanan Kerja Sama operasional dengan salah satu perusahaan. Rekanan tersebut memiliki delapan unit mobil jenazah yang sudah memenuhi standar.

Diantaranya mobil harus keluaran tahun 2011. Kemudian mobil jenazah tidak bisa diisi keluarga, kecuali di samping sopir.

Baca juga: Awas, calo mobil jenazah berkeliaran di RSCM
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6578 seconds (0.1#10.140)