Usai diperiksa, Tema dan Nedi ditahan di Rutan Cipinang

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 18:02 WIB
Usai diperiksa, Tema...
Usai diperiksa, Tema dan Nedi ditahan di Rutan Cipinang
A A A
Sindonews.com - Usai menjalani pemeriksaan selama lima jam, Kepala Sub Bagian Protokol Pemerintah Kota Jakarta, Tema Yuliman dan bendahara aktif Kelurahan Pulogadung, Nedi Sunarto resmi ditetapkan sebagai tersangka dan langsung digiring ke Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang.

Saat digelandang ke mobil tahanan Kejari Jakarta Timur untuk dibawa ke Rutan Cipinang, keduanya hanya tertunduk menutupi wajahnya dari sorotan kamera.

Tema yang menggunakan kemeja putih itu enggan menjawab pertanyan dari sejumlah awak media yang telah menunggunya. Begitu juga sang bendahara, pria berkacamata itu berupaya menyembunyikan diri dibalik tubuh para penyidik yang menggiringnya.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Jakarta Timur, Silvia Desty Rosalina mengatakan kedua tersangka bersikap kooperatif saat dilakukan pemeriksaan dan pemanggilan. Keduanya juga telah menjalani pemeriksaan selama dua bulan hingga akhirnya statusnya ditetapkan sebagai tersangka.

"Mereka datang memenuhi panggilan, kami telah melakukan dua kali pemanggilan. Untuk panggilan kedua statusnya sudah jadi tersangka. Kami juga sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan sejak dua bulan lalu," ujar Silvia saat ditemui di Kejari Jakarta Timur, Jumat (25/10/2013).

Dijelaskan Silvia, para koruptor itu kini ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Penahanan dilakukan selama 20 hari hingga berkas dilimpahkan ke pengadilan.

"Kedua ditahan selama 20 hari terhitung hari ini,"jelas Silvia.

Tema akan dijerat pasal 2, 3, dan 9 UU nomor 31 tahun 1999 yang mengalami perubahan dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Dengan demikian, Tema diancam maksimal 20 tahun penjara.

Sedang Nedi dijerat pasal 8 UU nomor 31 tahun 1999 yang mengalami perubahan dengan UU nomor 20 tahun 2001 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7726 seconds (0.1#10.140)