Hadapi musim hujan, Jokowi minta saran BMKG

Jum'at, 27 September 2013 - 13:40 WIB
Hadapi musim hujan, Jokowi minta saran BMKG
Hadapi musim hujan, Jokowi minta saran BMKG
A A A
Sindonews.com - Membahas antisipasi banjir di Jakarta saat musim penghujan pada Oktober-September mendatang, Pemprov DKI mengundang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ke Balai Kota.

"Kita tadi sama Pak Gubernur membahas antisipasi terkait datangnya musim hujan di Jakarta pada Oktober-November nanti," kata Kepala BMKG, Andi Eka Sakya di Balaikota, Jumat (27/09).

Ia mengutarakan, dalam pertemuan itu, Gubenur DKI Jakarta, Joko Widodo juga menanyakan kapan puncak musim penghujan terjadi di Jakarta, serta bagaimana langkah antisipasinya.

"Beliau juga tanyakan kapan puncak musim hujan, antisipasi apa saja yang harus dilakukan," terangnya.

BMKG sendiri, lanjut Eka memberikan informasi yang dibutuhkan sekaligus kerjasama terkait sistem peringatan dini. Nantinya, BMKG akan membuat link melalui sistem IT, sehingga Pemprov DKI bisa melihat tren perkembangan awan penghujan di Jakarta.

"Para pimpinan di sini juga bisa mengantisipasi apa yang bisa dilakukan dengan sistem IT itu," jelasnya.

Eka mengutarakan, musim penghujan di Jakarta, diperkirakan akan terjadi pada Oktober-November mendatang dan mencapai puncaknya sekitar Desember-Januari.

Musim hujan tersebut nantinya diprediksi bakal lebih dulu masuk wilayah Jakarta Selatan kemudian ke Jakarta Timur lalu Jakarta Utara.

"Jakarta Selatan lebih dahulu karena mekanisme dari moon soonnya seperti itu," bebernya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7686 seconds (0.1#10.140)