Ini alasan polisi mulai disasar penjahat

Selasa, 24 September 2013 - 14:41 WIB
Ini alasan polisi mulai...
Ini alasan polisi mulai disasar penjahat
A A A
Sindonews.com - Aksi kejahatan di Jakarta nampaknya mulai tidak pandang bulu. Bahkan anggota polisi yang sedang bertugas juga tak luput dari tindak kejahatan atau kriminalitas.

Indonesia Police Watch mencatat, sepanjang tahun 2013 saja sudah 17 polisi yang menjadi korban kejahatan. Jika tidak segera melakukan pembenahan, bukan tak mungkin wibawa anggota polisi bisa rontok.

Ketua Presidium IPW Netas S Pane mengatakan, berbagai peristiwa kejahatan yang menimpa naggota polisi menunjukan ada tiga fenomena baru dalam dinamika kepolisian.

"Peristiwa ini menunjukkan bahwa Jakarta makin tidak aman lagi bagi polisi," katanya melalui siaran pers yang diterima Sindonews, Selasa (24/9/2013).

Disamping itu, hubungan polisi dengan masyarakat mulai merenggang sehingga masyarakat mulai tak simpatik lagi kepada polisi.

"Buruknya hubungan masyarakat dengan polisi membuat mereka nekat berbuat anarkis pada polisi," terangnya.

Dengan banyaknya anggota polisi yang jadi korban kejahatan, lanjut Neta, ini menunjukkan kalau polisi banyak yang tidak terlatih.

"Anggota polisi harus dibekali lagi dengan tehnik beladiri dan penggunaan senjata api," katanya.

Neta mengingatkan, berbagai peristiwa ini harus dicermati Polri agar kasus-kasus pengeroyokan dan penembakan terhadap polisi di Jakarta tidak terus terjadi dan mempermalukan institusi kepolisian.

Baca juga: IPW, Kapolri harus desak Polda tuntaskan aksi teror
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)