2 tahun belajar buat senpi dari pistol mainan

Senin, 16 September 2013 - 16:27 WIB
2 tahun belajar buat...
2 tahun belajar buat senpi dari pistol mainan
A A A
Sindonews.com - Para pengrajin senjata yang berprofesi ganda sebagai perakit senjata api mengaku belajar selama dua tahun. Cara pembuatan senjata api juga didapat secara otodidak dengan membongkar senjata mainan.

Dari pengakuan K alias AY bin T, salah satu pengrajin senjata yang diciduk bersama penyuplai CS di daerah Rancaekek, Bandung, Jawa Barat kemarin (Minggu, 15 September 2013), dirinya belajar sendiri untuk membuat senjata api rakitan.

"Saya dulu bongkar senjata mainan plastik yang mirip baru ditiru pembuatannya," kata K di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (16/9/2013).

Pria yang hanya membutuhkan waktu dua tahun untuk menyempurnakan ilmunya itu kemudian mengungkapkan, dirinya tidak terlalu memikirkan bagaimana efektivitas senjata tersebut dalam penggunaannya.

"Saya tidak tahu gimana jalannya, yang penting senjatanya jadi," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya KombesPol Rikwanto mengatakan, dari keahlian secara keseluruhan pengrajin senjata api ini memang mereka dapatkan tanpa ada pihak manapun yang sengaja memberi pelatihan.

Dalam pembuatannya, mereka hanya memerlukan waktu dua hari sebelum akhirnya senjata api rakitan maupun pabrikan itu siap digunakan oleh pemesannya yang sebagian ternyata merupakan jaringan teroris.

"Mereka pengrajin yang ilmunya didapat secara otodidak dan turun temurun," kata Rikwanto.

Dalam kesehariannya, merekapun bekerja di toko pembuatan senjata yang resmi dan memiliki ijin di wilayah Bandung, Jawa Barat. Kebanyakan toko itu sendiri adalah toko yang menjual kerajinan senjata jenis senjata angin.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0944 seconds (0.1#10.140)