Artefak yang hilang diburu hingga pelelangan

Jum'at, 13 September 2013 - 19:00 WIB
Artefak yang hilang diburu hingga pelelangan
Artefak yang hilang diburu hingga pelelangan
A A A
Sindonews.com - Untuk mencari artefak Mataram kuno yang hilang dari Museum Nasional atau Museum Gajah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggaet sejumlah asosiasi arkeologi dan rumah pelelangan.

"Kami juga kerjasama dengan asosiasi arkeologi, akan dicari tahu di kalangan mereka, benda benda tersebut pasti sering kali jadi perbincangan mereka," ujar Nuh saat ditemui usai memberikan bantuan beasiswa bagi anak Polisi korban penembakan di gedung Sanggita, Jakarta Timur, Jumat (13/9/2013).

Selain itu, kata Nuh, pihaknya juga akan bekerja sama dengan lembaga lelang nasional dan internasional. "Barang ini biasanya masuk ke lembaga-lembaga lelang tersebut," ucap Nuh.

Menurut Nuh, artefak kuno yang hilang tidak dapat dinilai dengan rupiah atau hargai dengan uang berapapun jumlahnya, namun ada nilai yang sangat berharga yang terkandung dibalik sejarah barang tersebut.

"Itu kan emas kira-kira selebar 6 cm dan 12 cm. Kalau toh beratnya 100gr, 200gr dan 500gr, itu tak sekedar harga emasnya. Tapi nilai di balik benda itu. Tak bisa dirupiahkan," tegas Nuh.

Artikel selengkapnya klik disini
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5886 seconds (0.1#10.140)