Angkutan umum di Jakarta dikonversi gunakan BBG

Rabu, 04 September 2013 - 17:27 WIB
Angkutan umum di Jakarta dikonversi gunakan BBG
Angkutan umum di Jakarta dikonversi gunakan BBG
A A A
Sindonews.com - Untuk mengurangi pencemaran udara di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berusaha agar seluruh angkutan umum mengkonversi penggunaan BBM menjadi BBG. Langkah awal, seluruh angkutan umum yang dipesan Pemprov DKI akan menggunakan BBG.

Rencana untuk mengkonversi angkutan umum dari BBM ke BBG, Pemrpov DKI Jakarta menggandeng Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Konversi dari BBM ke BBG ini akan kita mulai dari kendaraan umum dulu," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Ia menerangkan, upaya mengkonversikan BBM ke BBG pada kendaraan umum tersebut, sejauh ini telah dimulai dari angkutan Bajaj. Nantinya konversi bahan bakar dilanjutkan ke angkutan bus sedang Metro Mini yang akan didatangkan sebanyak 420 unit.

"Transjakarta 1.000 unit pada November-Desember itu berbahan gas juga. Kalau angkutan umum sudah, baru ke mobil pribadi," ujarnya.

Menurut Jokowi, penerapan konversi kendaraan umum dari BBM ke BBG ini masih menunggu kedatangan bus sedang dan Transjakarta lebih dahulu.

"Iya ini kejar-kejaran, busnya sama Buswaynya belum datang," bebernya.

Bila sudah berjalan, lanjut Jokowi, kendaraan berbahan gas itu akan mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisi Bahan Bakar Gas (SPBG) dan Mobile Refueling Unit (RPU). Penerapan konversi BBG ini rencananya juga akan diterapkan ke kendaraan dinas.

"Iya satu persatu, nanti kita mau menuju," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5711 seconds (0.1#10.140)