Waspada, masalah sepele nyawa orang bisa hilang

Jum'at, 30 Agustus 2013 - 07:35 WIB
Waspada, masalah sepele nyawa orang bisa hilang
Waspada, masalah sepele nyawa orang bisa hilang
A A A
Sindonews.com - Hanya dengan masalah sepele nyawa seseorang bisa dengan mudah hilang. Pasalnya, masyarakat sekarang ini berpikirnya pendek dan tega membunuh seseorang.

Pengamat krminalitas Adrianus Meliala menjelaskan, dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang saat ini sudah terlalu mengalami tekanan. Tambahnya, hal itu bisa menjadi salah satu faktor seseorang saling membunuh meski hanya bermasalah sepele.

"Banyak kasus dilakukan karena pencetusnya sepele namun motifnya serius. Jadi, dalam pembunuhan pasti didahului motif yang serius seperti dendam yang kemudian dipicu dengan pencetus sepele," kata Adrianus saat berbincang dengan Sindonews, Jumat (30/8/2013).

Pengamat dari Universitas Indonesia ini juga mengatakan, setiap pembunuhan yang ada saat ini, pada dasarnya pasti sudah dilatarbelakangi motif tersendiri.

"Tidak semua orang ada maksud merencanakan pembunuhan sekaligus, harus ada latar belakang serius di balik pihak pihak terkait," tegasnya.

Maka itu, Adrianus kembali menegaskan, dalam setiap pembunuhan saat ini sudah dapat dipastikan ada motif serius yang mendorong pelaku. Pencetus sepele seperti tidak terima dilihat, tersenggol atau lainnya menjadi alasan mereka untuk membunuh.

"Ada dendam, tinggal ada pencetus sepele. Jadi tinggal tunggu konteks sepele sebagai pencetusnya dan bukan karena motifnya," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5388 seconds (0.1#10.140)