Ribuan kasus DBD di Jakarta Barat

Kamis, 29 Agustus 2013 - 19:40 WIB
Ribuan kasus DBD di Jakarta Barat
Ribuan kasus DBD di Jakarta Barat
A A A
Sindonews.com - Sejak Januari hingga Agustus 2013 tercatat sedikitnya 1.606 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Jakarta Barat. Hal tersebut dikarenakan faktor cuaca yang terjadi sepanjang Januari hingga Agustus.

Kasie Pengendalian Masalah Kesehatan Sudin Kesehatan, Jakarta Barat, Irma mengatakan, angka kasus DBD sejak Januari hingga Agustus 2013 lebih tinggi dibanding tahun lalu yang mencapai angka sekitar 1.000 kasus.

"Meski lebih tinggi, namun Jakarta Barat masih dalam posisi keempat kasus DBD terbanyak dari lima wilayah yang ada," kata Irma di Jakarta, Kamis (29/8/2013).

Irma menjelaskan, faktor cuaca yang tidak menentu dan banyaknya perumahan yang ditinggal saat mudik Lebaran di Jakarta Barat, menjadikan virus nyamuk aides ageypty tersebut berkembang biak.

Misalnya saja di wilayah Cengkareng yang menempati urutan pertama tertinggi kasus DBD dengan angka sekira 400 kasus dan disusul dengan wilayah Kembangan serta wilayah Palmerah sekira 300 kasus. "Wilayah kecamatan lainya masih di bawah angka 100 kasus," ungkapnya.

Sama seperti tahun lalu, kata Irma, di tengah semester tahun, dari ribuan kasus DBD, terdapat satu jiwa yang meninggal.

Cara yang paling efektif untuk menekan kasus DBD di Jakarta Barat, lanjut Irma, pihaknya akan terus meningkatkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dilakukan secara serentak di permukiman warga setiap Jumat.

Untuk itu diharapkan Lurah dan Puskesmas di tiap wilayah untuk meningkatkan PSN dengan mengerahkan kader juru pamantau jentik (Jumantik) yang kini sudah ada di setiap lingkungan RT di Jakarta Barat.

"Kami ingatkan kepada warga jangan biarkan air bersih tergenang dilingkungan rumah kita," imbaunya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4235 seconds (0.1#10.140)