Ledakan di Mangga Besar akibat kabel PLN bocor

Kamis, 22 Agustus 2013 - 21:27 WIB
Ledakan di Mangga Besar akibat kabel PLN bocor
Ledakan di Mangga Besar akibat kabel PLN bocor
A A A
Sindonews.com - Rentetan ledakan yang terjadi Jalan Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, berasal dari kabel listrik yang tertanam dibawah tanah.

Deputy Manager Komunikasi Perseroan Listrik Negara Dis Jaya dan Tangerang, Roxy mengatakan pihaknya hingga kini masih melakukan peninjauan di lokasi titik ledakan untuk mengetahui penyebab ledakan kabel listrik tersebut.

"Terkait teknis kami sedang melakukan pengecekan lebih lanjut. Berikan kami waktu hari ini atau besok untuk mengetahui penyebab ledakan tersebut," kata Roxy saat melakukan peninjauan di depan hotel Astika, Kamis (22/8/2013).

Roxy menjelaskan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk menormalkan jaringan listrik di wilayah Lokasari, Mangga besar dan sekitarnya. Pihaknya mengklaim jika listrik diliwayah tersebut sudah berangsur normal empat jam setelah kejadian.

Selain itu, kata Roxy, pihaknya langsung mengevaluasi kondisi kabel bawah tanah lainya untu mengantisipasi agar tidak terjadi ledakan serupa.

"Sebenarnya perawatannya rutin telah kami lakukan, bukan hanya dari sisi kabel, tapi juga perawatan gardu," ungkapnya.

Mengenai para korban yang terluka akibat ledakan, PLN berjanji menangung seluruh biaya perawatanya. Menurutnya dari keempat korban tersebut, saat ini hanya dua yang sudah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Husada.
Sedangkan dua orang lainya yang bernama Heru yang bertempat tinggal di Bogor, Jawa Barat dan Saeful yang bertempat tinggal di Kwitang, Jakarta Pusat masih sedang dicari keberadaanya.

"Selain menormalkan jaringan listrik, kami juga memfokuskan penanganan korban terlebih dahulu. Dua korban, Haidar sama Arsyad sudah kami bawa ke Rumah Sakit," paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat, Agus Surya Mandala mengatakan penyebab ledakan listrik tersebut berasal dari kebocoran kabel SUTET bawah tanah yang berukuran 5.000 volt. Akibatnya, terjadi ledakan dan guncangan sangat dahsyat disekitar lokasi kejadian.

"Satu unit mobil damkar diterjunkan untuk memadamkan api saat ledakan terjadi," ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6539 seconds (0.1#10.140)