Sutarman: Ini jaringan teroris

Senin, 05 Agustus 2013 - 00:51 WIB
Sutarman: Ini jaringan teroris
Sutarman: Ini jaringan teroris
A A A
Sindonews.com - Ledakan yang terjadi di Wihara Ekayanan Jalan Mangga II/8, RT8/08, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, diduga dilakukan jaringan terorisme.

"Ini jaringan teroris, karena sudah meresahkan masyarakat, kami masih lakukan penyelidikan," kata Kabareskrim Polri Komjen Sutarman, di lokasi, Senin (5/8/2013) dini hari.

Dia menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan sementara, terdapat dua bom yang ditelakkan terpisah di Wihara.

Bom pertama yang diletakan di pintu masuk Vihara memang meledak namun berdaya kecil, pasalnya bom tersebut tidak mampu meledakkan kaca yang berada di dekat bom.

Sedangkan bom kedua yang ditaruh di pintu masuk sebelah dalam tidak meledak, hanya mengeluarkan asap dan tidak menghancurkan bungkusannya.

"Ledakan tersebut terjadi pukul 19.00 WIB, dan kedua pukul 20.00 WIB. Untuk ledakan pada pukul 23.00 WIB terletak didekat posisi ledakan bom pertama, namun hanya berdaya kecil," terangnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Sindonews, ledakan berasal dari bom yang dipasang di pintu masuk tempat kebaktian Wihara, dimana Bom ditaruh di dalam tas tenteng plastik warna hijau dan diperkirakan seberat tiga kilogram.

Selain itu ledakan juga berasal dari pintu masuk bagian dalam, dimana bom tersebut berisi handphone, serpihan besi, kabel dan batrey persegi.

Akibat ledakan bom tersebut, sedikitnya terdapat tiga orang yang mengalami luka-luka, yaitu :

1. Rice (20), warga Jalan Garut, Pasar Padi, Rangkui, Pangkal Pinang mengalami luka pada lengan tangan kanan dan betis kanan.

2. Elisa (29), warga Jalan Mitro, Air Selemba,Pangkal Balam, Pangkal Pinang mengalami luka pada telinga kiri mengalami pengang/bindang.

3. Sumeti (36), warga Jalan Basuki Rahmat Rt.03/01, Sriwijaya, Bukit Intan, Pangkal Pinang mengalami luka pengang pada telinga kiri.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5484 seconds (0.1#10.140)