Jakarta jadi pilot project penanganan diabetes

Selasa, 30 Juli 2013 - 13:09 WIB
Jakarta jadi pilot project penanganan diabetes
Jakarta jadi pilot project penanganan diabetes
A A A
Sindonews.com - DKI Jakarta akan dijadikan pilot project penanganan diabetes melitus yang bekerjasama dengan Pemerintah Denmark. Jakart dibidik karena angka penderita diabetesnya termasuk tinggi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan diabetes termasuk pembunuh mematikan di Jakarta. "Diabetes ini pembunuh nomer tiga di Jakarta, setelah Jantung," katanya usai bertemu perwakilan Pemerintah Denmark di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Pria yang akrab disapa Ahok ini, mengatakan dalam pertemuannya mereka membicarakan penangananya di ibu kota melalui workshop untuk langkah pencegahannya.

"Kita mau bikin workshop dan seminar untuk pencegahan," katanya.

Kegiatan ini rencananya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Kementerian. Jakarta akan dijadikan wilayah percontohan di Indonesia untuk penanganan Diabetes.

"Pemerintah Denmark mengundang pak Jokowi kesana untuk bicara ini tapi beliau tidak bisa. Dia minta saya buat wakili tapi saya juga belum pastikan berangkat atau tidak ke Kopenhagen, sekitar September nanti," katanya.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), Indonesia menempati urutan keempat terbesar dalam jumlah penderita diabetes melitus di dunia. Pada tahun 2000, diketahui terdapat sekitar 5,6 juta penduduk Indonesia yang mengidap diabetes.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9510 seconds (0.1#10.140)