Gedung sekolah mau dibongkar, DPRD meradang

Jum'at, 12 Juli 2013 - 17:10 WIB
Gedung sekolah mau dibongkar, DPRD meradang
Gedung sekolah mau dibongkar, DPRD meradang
A A A
Sindonews.com - Rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membongkar gedung sekolah di Jatinegara untuk lahan Pedagang Kaki Lima (PKL), ditentang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

Anggota Komisi D DPRD DKI, Muhamad Sanusi mengatakan, rencana Pemprov DKI memindahkan gedung SD dan SMP di wilayah Jatinegara ke kawasan Kelurahan Bali Mester atau Matraman, Jakarta Timur dinilai tidak menyelesaikan masalah.

"Saya ingatkan. Jangan selesaikan masalah dengan membuat masalah baru. Mana yang lebih penting Pendidikan atau PKL," kata Sanusi saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Atas rencana tersebut, Sanusi menyayangkan, wacana Ahok yang lebih mementingkan PKL ketimbang pendidikan dengan menggusur gedung sekolah dan memenuhi kebutuhan ruang bagi PKL. Sebab, biar bagaimanapun pendidikan harus menjadi prioritas dibandingkan penyediaan ruang PKL.

"PKL itu jangka pendek. Pendidikan itu jangka panjang. Cari dulu solusi bukan malah menggusur sekolah, karena proses pemindahan sekolah bukan hal yang mudah dan cepat," tegasnya.

Menurut Sanusi, ada beberapa langkah yang mesti ditempuh jika ingin memindahkan gedung sekolah. Di antaranya persetujuan dari dewan sekolah dan melihat kelayakan dari sekolah serta kondisi lingkungannya.

Selain itu, kualitas pendidikan tempat yang baru juga harus lebih baik dari sebelumnya dan bukan hanya sebatas pada bangunan sekolah.

"Jokowi-Ahok punya janji meningkatkan kualitas pendidikan dan mendekatkan akses pendidikan. Jangan sampai janji ini mereka langgar hanya karena kebutuhan lahan bagi PKL," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5604 seconds (0.1#10.140)