Penerima BLSM banyak yang bukan warga DKI

Selasa, 25 Juni 2013 - 19:19 WIB
Penerima BLSM banyak...
Penerima BLSM banyak yang bukan warga DKI
A A A
Sindonews.com - Saat ini penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan dan Kebayoran Lama Utara, Jakarta selatan merupakan warga luar DKI Jakarta.

Dari total 3.118 warga penerima BLSM yang dibagikan Kantor Pos Cabang Kebayoran Lama, banyak yang masih memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) bukan Jakarta. Namun terdata sebagai penerima BLSM di wilayah Jakarta. Hal itu terjadi lantaran lamanya mereka tinggal di Jakarta.

Kepala kantor pos cabang Kebayoran Lama Ali Masyhar mengatakan, pihaknya tidak akan mempersulit warga tersebut untuk mendapatkan haknya. Namun ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi warga luar DKI tersebut untuk mencairkan BLSM.

"Mereka yang masih memiliki KTP kampung asalnya, diminta untuk membuat surat keterangan domisili dari Ketua RT dan RW lingkungan tempat tinggal masing-masing," kata Ali di kantornya, Selasa (25/6/2013).

Sementara itu, Tukijo (55), salah satu penerima BLSM di Kantor Pos cabang Kebayoran Lama mengaku senang dengan bantuan yang diberikan pemerintah tersebut. Dia juga mengaku, pemberian BLSM masih jauh lebih rapi ketimbang pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"Sangat membantu. Kalau BLT dulu, antre sampai desak-desakkan. Tetapi sekarang, tidak. Saya belum terima uangnya. Karena harus minta surat domisili dari RT dan RW dulu," terang pria asal Yogyakarta yang telah 30 tahun tinggal di Kebayoran Lama itu.

Bagi penerima BSLM, diwajibkan membawa Kartu Perlindungan Sosial (KPS), dan bukti diri berupa KTP, SIM, kartu keluarga, dan melampirkan foto kopi KTP atau SIM sebanyak satu lembar.

Syarat kedua yang harus diperhatikan warga penerima BLSM adalah, harus datang langsung, dan tidak bisa diwakilkan. Jika penertima tidak datang, diminta berkoordinasi dengan petugas pos terdekat untuk dilakukan pengantantaran langsung setelah jadwal pembayaran.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)