6 warga Iran ditangkap Imigrasi Jakarta Selatan

Rabu, 19 Juni 2013 - 20:09 WIB
6 warga Iran ditangkap Imigrasi Jakarta Selatan
6 warga Iran ditangkap Imigrasi Jakarta Selatan
A A A
Sindonews.com - Enam Warga Negara Asing (WNA) asal Iran, diamankan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, karena diduga menggunakan Indonesia sebagai negara transit mencari suaka ke Australia.

"Mereka kita amankan saat mau mengajukan perpanjangan visa untuk izin tinggal di kantor kami," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Anggi Wicaksono saat dihubungi, Rabu (19/6/2013).

Dia mengutarakan, empat WNA ini diringkus pagi tadi. Sedangkan dua orang sisanya, diamankan pada siang hari. Berdasarkan pemeriksaan petugas, keenam WNA tersebut sama-sama tinggal di Apartemen Kalibata City. "Mereka mengaku tidak saling kenal," imbuhnya.

Dia menjelaskan, terungkapnya dugaan keenam WNA Iran itu akan mencari suaka ke Asutralia, setelah mereka tidak bisa menunjukan tiket pulang ke negara asalnya. Padahal, dari dokumen para WNA ini, tujuan kedatangan mereka ke Indonesia hanya untuk liburan.

"Selain itu, tiket pulang keenam WNA Iran ini juga sudah kadarluasa," tukasnya.

Menurut Anggi, empat dari enam pria asal Iran ini berusia sekitar dua puluh tahunan. Sedangkan dua orang sisanya berusia lima puluh tahunan. Dilihat dari tiketnya, mereka menggunakan pesawat Fly Emirates dan Air Asia.

"Orang-orang ini interview dan menanyakan punya tiket balik tidak, karena mereka bilangnya holiday. Begitu saya lihat tiket baliknya, tertanggal 22 Mei 2013 yang artinya sudah kadarluasa," paparnya.

Temuan tiket pulang yang sudah kadarluasa tersebut, semakin menyimpulkan, jika para WNA Iran ini akan mencari suaka dan tidak kembali ke negaranya. Sebagai wisatawan, mereka seharusnya telah mempunyai agenda terencana akan datang dan kapan kembali ke negara asal.

"Ini aneh, kesannya tiket baliknya hanya untuk sekedar persyaratan saja supaya jika ditanya petugas, mereka bisa jawab," tandasnya.

Anggi menambahkan, hingga kini, keenam WNA Iran itu masih diinterograsi dan diperiksa di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

"Kami masih lakukan penyelidikan lanjutan terkait kemungkinan, masih ada banyak lagi WNA Iran yang mencari suaka dan menjadikan Indonesia sebagai tempat transit," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5774 seconds (0.1#10.140)