Mall di Jakarta setuju tak pakai kantong kresek

Rabu, 12 Juni 2013 - 14:23 WIB
Mall di Jakarta setuju tak pakai kantong kresek
Mall di Jakarta setuju tak pakai kantong kresek
A A A
Sindonews.com - Handaka, CEO Kuningan Mall yang membawahi 74 pusat perbelanjaan di DKI Jakarta mangaku sepakat dengan surat edaran nomor 6 tahun 2013 tentang tidak menggunakan kantong plastik di pusat perbelanjaan.

Menurutnya, sebagai tindak lanjutnya, surat edaran yang sampai pada 3 Juni 2013, langsung dikirimkan ke pihak pengelola dan penyewa mall, termasuk Apindo.

"Pada hari itu juga kita langsung kirimkan ke mall-mall yang ada, dan ke penyewa atau pengelola toko di mall itu. Kita kirimkan juga melalui Apindo," ujar Handaka, kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Lebih lanjut, Handaka meminta agar kebijakan tidak menggunakan plastik tidak hanya berlaku buat mall-mall. Tetapi juga diterapkan di pasar-pasar tradisional.

"Jadi jangan cuma mall atau retail, harusnya di pasar eceran. Kalau kita memang mau benar-benar memperhatikan lingkungan harus menyeluruh. Ini perlu kampanye yang harus melibatkan seluruh pasar," terangnya.

Dia menilai, selama ini orang yang berbelanja di mall menggunakan kantong yang bagus, sehingga bisa digunakan lagi dan banyak pengusaha yang sudah menggunakan tas plastik yang bisa didaur ulang. Hal itu jelas berbeda dengan penggunaan kantong plastik di pasar.

"Kalau kita lihat, orang beli bawang di pasar kan plastiknya langsung di buang. Beda sama orang belanja di mall, misalnya Metro, itu kan kantungny bagus, bisa dipakai lagi," terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6692 seconds (0.1#10.140)