Ahok akan beli sekolah swasta yang bangkrut

Senin, 10 Juni 2013 - 16:51 WIB
Ahok akan beli sekolah...
Ahok akan beli sekolah swasta yang bangkrut
A A A
Sindonews.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), berencana akan membeli sekolah yang dinilainya tidak mampu lagi membiayai operasional sekolahnya, dan keberadaan sekolah tersebut tergolong minim peminat.

"Kalau untuk sekolah yang tidak mampu ada beberapa tawaran dari kami. Ini kan dia punya beberapa sekolah, muridnya agak kurang dikarenakan wali murid tidak mampu membayar," kata Ahok, di Balai Kota, Jakarta, Senin (10/6/2013).

Untuk mengatasi hal tersebut, mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan, Pemerintah DKI Jakarta bersedia membeli sekolah berikut tanahnya tersebut, dengan harga nilai jual objek pajak (NJOP). Dari itu, pihaknya akan merubah sekolah tersebut menjadi sekolah negeri.

"Nah kami sediakan harga NJOP. Lahan sama sekolahnya. Nanti sekolahnya jadi negeri," ujarnya.

Dia menuturkan, selama ini banyak keberadaan sekolah swasta di Jakarta yang tidak memenuhi kriteria fasilitas sekolah. Namun, keberadaan sekolah tersebut menjadi penopang masyarakat kurang mampu untuk bersekolah.

Sehingga, pemerintah DKI Jakarta berniat menghimpun sekolah tersebut dalam satu wadah berbentuk yayasan.

"Kan, di Jakarta ini banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak memenuhi syarat 2,500 persegi. Tapi sekolah itu menolong rakyat miskin yang hidupnya pas-pasan. Nah, itu bisa digabungin menjadi satu yayasan," tuturnya.

Bukan itu saja, Wakil dari Joko Widodo ini menilai, pendidikan di Jakarta diakuinya banyak tertolong dengan kehadiran sekolah-sekolah swasta, termasuk sekolah dengan dana operasional yang sedikit dan dihuni siswa yang tergolong kurang mampu.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8196 seconds (0.1#10.140)