Ajak Anjal nonton film, KPAI apresiasi 'Sang Kiai'

Selasa, 04 Juni 2013 - 02:51 WIB
Ajak Anjal nonton film, KPAI apresiasi Sang Kiai
Ajak Anjal nonton film, KPAI apresiasi 'Sang Kiai'
A A A
Sindonews.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membuat terobosan baru, untuk memberikan pelajaran dan nilai sosial bagi anak jalanan (Anjal). Caranya, dengan mengajak mereka menonton film di bioskop.

Sebanyak 40 anak jalanan terlihat ceria saat tiba di gedung bioskop Metropole, Cikini, Jakarta. Mereka mengaku antusias karena diajak KPAI menonton film Sang Kiai.

Sekretaris KPAI Maria Advianti mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun perlindungan terhadap anak jalanan. Sebab, kata Maria, selama ini akses anak jalanan begitu terbatas untu mendapatkan hiburan.

"Anak jalanan kan selama ini aksesnya terbatas. Sedikit sekali kesempatan mereka menonton hiburan yang berkualitas. Hiburan banyak, tapi aksesnya terbatas," jelasnya di lokasi, Senin (03/06/2013).

Film yang dibintangi artis Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken, Meriza Febriyani Baturar dan Dimas Aditya itu bisa memberikan inspirasi bagi anak jalanan. Menurut Maria, film tersebut memiliki nilai heroik dan nilai sosial yang tinggi.

"Film Sang Kiai ini menginspirasi anak jalanan, bisa mengubah hidup mereka jadi lebih baik, mengedepankan kepahlawanan, heroisme, kepekaan sosial dan bisa jadi pelajaran bagi mereka," paparnya.

Maria meminta, agar jangan hanya melihat dampaknya secara langsung usai menonton film tersebut. Tetapi pembinaan yang dilakukan setelah menonton film tersebut melalui diskusi.

"Bahwa mereka anak-anak yang dibina mitra KPAI akan dibina terus, akan ada diskusi lagi. Agar bisa mengungkapkan, apa sih yang mereka lihat, bisa saling belajar serta ada internalisasi bentuk karakter pada anak," tandasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5601 seconds (0.1#10.140)