Pemkot Depok gelar malam renungan HIV-AIDS

Minggu, 02 Juni 2013 - 11:43 WIB
Pemkot Depok gelar malam renungan HIV-AIDS
Pemkot Depok gelar malam renungan HIV-AIDS
A A A
Sindonews.com - Malam ini, Pemerintah Kota Depok bakal menggelar acara malam renungan AIDS nusantara 2013, "Satu Hati Satu Rasa Satu Tindakan" di Lapangan Balaikota pukul 22.00 WIB.

Salah satunya Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Kuldesak Kota Depok, akan ikut terlibat langsung dalam acara tersebut.

Sebelumnya, mereka melakukan penggalangan dana dan sosialiasasi mengenai bahaya HIV serta penanggulangannya. Belum diketahui secara pasti berapa jumlah penderita HIV.

Namun Depok termasuk kota yang cukup rawan dan tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kota Depok.

"Kami terus melakukan penyuluhan bahaya HIV dan penanggulangannya seperti apa. Kami juga berupaya agar mereka yang positif terkena HIV, mau melaporkan ke puskesmas terdekat. Saat ini adalah mereka masih ada rasa takut. Tugas kami memberikan kepercayaan dan menyiapkan mental mereka,” ujar Ruth Husnul Chotimah, LSM LAYAK, Minggu (02/05/2013).

Ia mengungkapkan, tidak mudah mendekati dan mengajak para penderita HIV. Dibutuhkan pendekatan yang mendalam dan dilakukannya secara intens.

Beberapa puskesmas di Depok juga menyediakan layanan pemeriksaan test HIV. Biayanya juga ringan sebesar Rp2000.

"Meski demikian, memang masih saja ada yang merasa sungkan dan takut. Cara pendekatan seperti kasih brosur berisikan informasi dan edukasi. Kalau saya kebetulan menangani yang waria. Pendekatannya agak berbeda, dengan berikan kondom. Pokoknya sebisa mungkin dekat dengan mereka, jika sudah dekat maka mudah untuk berikan pemahaman,” ungkapnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5922 seconds (0.1#10.140)