Pemkot Depok siapkan 400 lapak di pasar sementara

Jum'at, 31 Mei 2013 - 16:38 WIB
Pemkot Depok siapkan...
Pemkot Depok siapkan 400 lapak di pasar sementara
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Depok berjanji akan menanggung seluruh pembangunan, dan perbaikan Pasar Cisalak, Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok, yang terbakar semalam. Karena itu, Dinas Pasar, Koperasi dan UMKM, menyediakan 400 lapak sebagai tempat relokasi sementara, bagi para pedagang korban kebakaran.

Kepala Dinas Pasar, Koperasi dan UMKM Kota Depok Herman Hidayat mengatakan, tahap pertama pihaknya mengejar penyediaan ratusan lapak sementara sebelum bulan puasa. Letaknya tak jauh dari Pasar Cisalak, di belakang lokasi kebakaran.

"Tahap pertama, membuat tempat penampungan sementara. 400 konsepnya lapak awning di belakang Pasar Cisalak. Ada sebagian berupa kios. Karena bangunan yang terbakar pasti bakal ambruk. Kita ingin secepat mungkin. Kalau bisa sebelum puasa lapak sementara sudah terbangun, sambil persiapkan penggantinya. Merancangnya. Membuat luas rancangan yang baru," ujarnya kepada wartawan di lokasi, Jumat (31/05/2013).

Herman menambahkan, total kios yang ada sebanyak 1.174 kios. Namun setiap pedagang biasanya memiliki lebih dari tiga kios dan los.

"Tak semua terisi, selama ini paling 60 persen. Dan tahun ini Hak Guna Pakai dari bangunan pasar juga berakhir. Jadi nanti setelah akhir Desember, pasar ini menjadi hak pemilikan Pemkot. Jadi aset jadi sistemnya sewa, tak diperjualbelikan dan uang pembayarannya jadi Pendapatan Asli Daerah (PAD), kas daerah," ungkapnya.

Herman juga mengimbau, agar instalasi listrik di tiap pasar tradisional untuk segera ditata rapi.

"Seorang pedagang jangan sekali-sekali menyambung listrik seenaknya. Undang petugas ahli. Kami akan tertibkan seluruhnya," tutupnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)