Jalan ditutup, akibatkan macet panjang di Menteng

Selasa, 23 April 2013 - 23:42 WIB
Jalan ditutup, akibatkan...
Jalan ditutup, akibatkan macet panjang di Menteng
A A A
Sindonews.com – Lantaran jalan yang menghubungkan Jalan Sultan Agung dan Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat ditutup, mengakibatkan kendaraan bertumpuk dan mengular sepanjang hari di sekitar Kawasan Pasar Raya Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Bagian jalan yang ditutup di kawasan Jalan Tambak adalah bagian jalan penghubung antara Jalan Sultan Agung menuju Jalan Tambak. Jalan yang ditutup adalah jalan untuk kendaraan kecil dan motor.

Sementara itu, Jalan Minangkabau pun mengalami macet sepanjang hari. Bahkan, pada pagi hari kemacetan sampai di ujung Jalan Dr Sahardjo. Penyebabnya lantaran di pagi hari kedua jalur Jalan Sultan Agung baik yang mengarah ke Jalan Tambak dan sebaliknya sama-sama tersendat.

Rohmat (42), sopir taksi Indah Family mengakui, semerawutnya Jalan Minangkabau usai penutupan jalan tersebut. Biasanya, lanjut Rohmat, kemacetan di Jalan Minangkabau sudah cair pukul 10.00 WIB.

"Tadi pagi juga parah sekali macetnya disini. Tadi Mahasiswa yang saya antar sampai turun di Jalan Dr Sahardjo. Dia kemudian naik ojek," katanya, ketika ditemui di tempat mangkalnya di depan STIE Muhammadiyah di Jalan Minangkabau, Selasa (23/4/2013).

Hal senada disampaikan Syafei (45), pegawai bagian kebersihan di STIE Muhammadiyah, semerawutnya Jalan Minangkabau sudah biasa. Ia mengaku, jalan kembali lancar jika sampai di Jalan Dr Sahardjo.

"Paling sepuluh menit lagi juga sampai kalau sudah di Jalan Dr Sahardjo. Eh tadi pagi setengah jam kali saya baru sampai," kata Syafei.

Sementara itu, Kepala Seksi Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Muslim mengatakan, pihaknya memang tak melakukan perubahan arus lalu lintas di jalan-jalan yang terimbas macet, akibat penutupan jalan tersebut.

Bahkan, petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Mulyadi mengatakan, kesemerawutan di awal ada penutupan jalan adalah hal biasa.

"Ini kan baru hari pertama. Nanti kalau sudah hari kedua dan hari ketiga, pasti pengendara sudah mulai mencari jalan lain, dan jalanan disini akan mencair sendiri," kata Mulyadi, ketika ditemui di lokasi jalan yang ditutup itu.

Penutupan jalan penghubung antara Jalan Sultan Agung dan Jalan Tambak itu karena Pintu Air Manggarai tengah diperlebar. Seorang Mandor mengatakan, pengerjaan peleberan Pintu Air Manggarai itu akan berlangsung sampai dengan bulan Juni 2014.

Ia mengaku, kini pihaknya tengah melakukan pengerjaan awal, yakni memasang tiang pancang. Rencananya akan ada 190 tiang pancang dipasang. Untuk memasang tiang pancang itu, pihaknya mesti menggali tanah sedalam 11 meter.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)