Bangun 2 proyek raksasa, Jokowi berani ngutang

Senin, 29 April 2013 - 15:22 WIB
Bangun 2 proyek raksasa, Jokowi berani ngutang
Bangun 2 proyek raksasa, Jokowi berani ngutang
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sedang mencari pinjaman modal untuk membangun dua mega proyek di Jakarta, Deep Tunnel dan Giant Sea Wall.

Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan, banyak pihak yang bersedia untuk menjadi investor pembangunan dua mega proyek itu. Dari itu, pihaknya dengan mudah bisa mendapatkan dana tersebut dari hutang kepada investor.

"Ya ngutang, gampang kok. Banyak yang tunjuk jari untuk investasi. Dengan pola investasi," ujar Jokowi, di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Namun demikian, saat ditanya apakah proyek pembangunan tersebut akan bernasib sama seperti MRT, dirinya langsung membantah. Menurutnya, dalam pembangunan proyek tersebut, semaksimal mungkin akan menggunakan investor dalam negeri.

"Gak, kita ini berusaha melibatkan investasinya dari nasional, saya kan pro nasional," paparnya.

Seperti diketahui, Deep Tunnel direncanakan akan menelan biaya sebesar Rp15 triliun lebih dan Giant Sea Wall akan membutuhkan biaya yang jauh di atas itu, sekitar Rp100 triliun lebih.

Sebelumnya, wacana pembangunan mega proyek keduanya sempat terhenti lantaran Pemprov DKI dituntut mempercepat realisasi pembangunan MRT dan monorel yang masih molor.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6693 seconds (0.1#10.140)