Jokowi audit pelayanan puskesmas

Senin, 18 Maret 2013 - 14:39 WIB
Jokowi audit pelayanan puskesmas
Jokowi audit pelayanan puskesmas
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan audit terhadap sistem pelayanan medis dan rujukan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di ibu kota.

"Akan ada audit medis dan rujukan. Kita akan terima laporan dari rumah sakit. Pak ini masih ada puskesmas yang masih sakit panu saja dirujuk ke rumah sakit," kata Jokowi, di Balai Agung DKI, Jakarta, Senin (18/3/2013).

Puskesmas yang melakukan hal tersebut akan dipanggil. Selain itu rujukan puskesmas akan menjadi barrier bagi pelayanan rumah sakit, agar rumah sakit dapat melayani pasien yang benar-benar membutuhkan perawatan intensif untuk kondisi pasien dengan tingkat penyakit yang sesuai.

"Nah, ini puskesmasnya yang akan kita panggil. Audit lagi ada bertumpuk-tumpuk, misalkan satu puskesmas itu bertumpuk-tumpuk. Ini menjadi barrier pertama ada di puskesmas. Rumah sakit akan menangani pasien pada level dan tingkat keparahan tertentu," tambahnya.

Audit medis dan rujukan, sambung Jokowi, akan segera dibuat aturannya untuk kemudian dipantau apakah hasil kinerja puskesmas dan rumah sakit efisien atau tidak.

"Nanti audit rujukan segera akan kita kerjakan untuk pantau kesulitan rumah sakit dalam rangka efisiensi rujukan," terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2094 seconds (0.1#10.140)