Jokowi jamin, ongkos waterway lebih murah

Senin, 18 Februari 2013 - 20:51 WIB
Jokowi jamin, ongkos waterway lebih murah
Jokowi jamin, ongkos waterway lebih murah
A A A
Sindonews.com - Jakarta memiliki moda transportasi baru bagi warga yang ada di bantaran sungai yakni waterway. Sampai saat ini, Pemprov DKI Jakarta belum mematok harga moda transportasi ini, karena masih melihat terlebih minat dimasyarakat terlebih dahulu.

"Masih digratiskan sampe penuh, secara penumpang penuh, udah penuh baru nanti bayar," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (18/2/2013).

Walaupun baru dua kapal yang beroperasi dengan dua pelabuhan yang melayani rute Marunda-Muara Baru, rencananya transportasi air ini akan dikembangkan lagi, baik rute, pelabuhan, dan jumlah armadanya.

Mengenai waktu operasi, dia menuturkan, saat ini masih beroperasi pada pagi dan sore. Tetapi dari kunjungannya ke masyarakat Muara Baru, mereka meminta pelayanan juga dilakukan siang hari.

"Ini kan masih pagi sama sore, tapi kemaren waktu kita di Muara Baru ada permintaan siang, ya kita nanti memenuhi permintaan pasar (masyarakat) lah," imbuhnya.

Untuk tiket, kata Jokowi, akan diatur setelah kapal yang beroperasi dan penuh oleh penumpang. Sementara semua pelayanan gratis untuk masyarakat yang mengakses transportasi ini. "Nanti gampang lah, abis ini rampung, batas gratisnya pokoknya sampe penuh," terangnya.

Dia juga optimis, perlahan-lahan waterway akan menjadi pilihan masyarakat dan menjadi angkutan andalan mereka yang tinggal dekat daerah sungai. Dia juga akan berusaha maksimal agar biaya transportasi air ini, tidak memberatkan masyarakat dan diusahakan lebih murah dari kendaraan darat.

"Kalau udah penuh pasti mau bayar, tapi kalau masih sepi gimana? Pelan-pelan lah, tapi jangan sampe lebih mahal dari darat lah," tuturnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8248 seconds (0.1#10.140)