Ganggu pejalan kaki, warga keluhkan pasar hewan

Minggu, 17 Februari 2013 - 11:48 WIB
Ganggu pejalan kaki, warga keluhkan pasar hewan
Ganggu pejalan kaki, warga keluhkan pasar hewan
A A A
Sindonews.com - Tidak adanya tempat yang mumpuni untuk penjual, membuat banyak pedagang hewan kecil terpaksa menggunakan trotoar sepanjang emperan toko, di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, untuk menawarkan jualan mereka pada pada pembeli.

Pantauansindonews, para penjual hewan peliharaan seperti burung, ular, ayam, hamster, kucing, kelinci, dan hewan kecil lainnya di jual sepanjang trotoar jalan. Mulai dari depan Pusat Grosir Jatinegara (PGJ) sampai pertigaan halte busway Pasar Jatinenagara.

Menurut Rima Andryanziah (36), yang sering melintasi jalur ini, jalan sepanjang pasar ini selalu macet. Pasalnya hampir sebagian badan jalan, digunakan untuk menggelar kandang berisi hewan jualan mereka.

"Kalau sampe depan PGJ, pasti stress karena pasti macet. Soalnya ada parkiran motor, ada kandang pedagang hewan yang berjualan hingga jalan macet, belum lagi pengunjung," kata Rima, di jalan Matraman Raya, Minggu (17/2/2013).

Sementara pejalan kaki tidak kebagian tempat untuk jalan lebih aman di trotoar, karena hampir seluruh bagian trotoar depan emperan toko penuh dengan dagangan, baik hewan maupun dagangan lain.

"Kita yang jalan memang tidak punya tempat di sini, karena isi trotoar dagangan semua. Kita terpaksa muter lewat jalan raya," ujar Sumiro (46), agak kesal.

Ia sendiri berharap, pasar ini ditata dan dikelolah pemerintah dengan lebih baik, agar tidak terkesan kumuh dan mengganggu pengguna jalan lainnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7145 seconds (0.1#10.140)