Taman bacaan di Tangsel disulap jadi warnet cerdas

Rabu, 13 Februari 2013 - 22:09 WIB
Taman bacaan di Tangsel...
Taman bacaan di Tangsel disulap jadi warnet cerdas
A A A
Sindonews.com - Dari 52 taman bacaan yang tersebar di tujuh kecamatan, yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), 13 diantaranya mendapat komputer berikut sambungan internetnya dari komunitas Masyarakat Gemar Membaca (Magma).

“Ke-13 warnet tersebut disebut cerdas, karena sudah dilengkapi pemblokiran website yang dapat membodohi pengunjung internetnya,” ujar Ketua Komunitas Magma, Herlina, Rabu (13/2/2013).

Menurut Herlina, 13 taman bacaan yang akhirnya mendapat fasilitas warnet cerdas tersebut masing-masing adalah ; Taman Uking (Cirendeu), Taman Punakawan (Sawah Baru), Taman Tunas Cerdas Mandiri (Kelurahan Ciputat), Taman Harapan Bangsa (Kelurahan Kedaung), Grand Residence (Kecamatan Pamulang Barat), Magma (Pondok Benda), Roudhatul Ilmi (Bhakti Jaya), Al Amin Bimasda (Kademangan). Taman Dewi Kunti (Pondok Benda). Taman Mutia (Serpong), Al-Husna (Jelupang), Rama-rama (Rawa Buntu) dan Rumah Sahabat Kita (Jurangmangu Barat).

“Internet berfungsi juga selain untuk pengunjung warnet cerdas, juga untuk mendata seluruh koleksi buku-buku di taman bacaan. Sehingga bisa diakses melalui internet,” ujarnya.

Hal itu sesuai dengan yang diimpikan ketika komunitas Magma digagas, yakni membuat perpustakaan raksasa yang tersebar di seluruh Kota Tangsel melalui taman bacaan.

Ditanya kenapa hanya 13 yang mendapat bantuan? Herlina mengatakan, pihaknya dengan smartfrend tidak asal dalam memberikan bantuan. Taman bacaan yang mendapat perhatian, adalah yang dirasakan layak, baik dari sisi entrepreneur maupun lokasi yang bebas banjir.

“Tetapi yang tidak mendapat bantuan internet, ada juga yang mendapat computer atau laptop dilengkapi dengan modem. Ini karena kerelaan masyarakat yang mau menjadikan rumahnya, atau halamannya menjadi taman bacaan,” terangnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)