Hikmat merayakan Imlek di Vihara Avalokitesvara

Minggu, 10 Februari 2013 - 23:17 WIB
Hikmat merayakan Imlek di Vihara Avalokitesvara
Hikmat merayakan Imlek di Vihara Avalokitesvara
A A A
Sindonews.com – Memasuki Vihara Avalokitesvara terlihat berbeda dari biasanya. Aksen merah dipadu dengan kuning kemasan, menjadikan suasana yang hangat berada di dalamnya. Patung Avalokitesvara, yang ditempatkan depan pintu vihara pun seperti menyambut riang para umat yang berdatangan.

Patung Avalokitesvara yang terbuat dari kayu diukur dalam satu batang pohon saja. Dengan hiasan bunga yang ramai menambah hikmat suasana imlak. Melangkah lebih dalam, sekitar dua puluh lilin berukuran besar dan merah mengelilingi lantai satu vihara.

Altar utama dilengkapi dengan lilin pelita, yang bertuliskan nama umat yang memohon sesuatu untuk sepanjang tahun kedepannya.

Beranjak dari lantai satu, suasana kental dalam imlek juga terlihat dengan ornamen lampion pada lantai dua. Lampion tidak hanya berbentuk bulat tambun, melainkan kotak dengan segi lima pada sisinya.

Hiasan kain pada atapnya memadu indahnya menyerupai untaian lampion merah. Pilar-pilar besar dan tinggi yang menopang kokohnya bangunan dililit dengan kain merah menyala.

Serupa dengan lantai satu, pemasangan lilin pelita mendominasi cahaya pada altar utama. Cahaya yang melambangkan semangat, yang akan ditempuh umat dalam kehidupan. Tak lupa juga, cahaya yang menghantarkan umat kepada jalan hidup yang terang.

Para umat memadati tempat yang disediakan dengan bantal persegi berwarna abu-abu. Warna merah mendominasi pakaian umat, yang mengikuti puja bakti dalam menyambut Imlek tahun ini. Jam 12 malam tepat, para umat saling bersalaman dan mengucapkan “Gong Xi Fat Cai”.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6848 seconds (0.1#10.140)