Narkoba jenis psikotropika bikin artis segar

Selasa, 29 Januari 2013 - 19:46 WIB
Narkoba jenis psikotropika bikin artis segar
Narkoba jenis psikotropika bikin artis segar
A A A
Sindonews.com - Terulang kalinya kasus artis yang menggunakan narkoba, bukan hanya disebabkan oleh gaya hidup artis yang rentan dengan kehidupan malam atau pergaulan yang salah. Namun, memang narkoba dicari sang artis untuk memenuhi kebutuhan fisiknya terkait dengan padatnya jadwal kegiatan syuting.

Menurut Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Muhammad Mustafa, kasus tersebut menyita perhatian publik karena terjadi pada publik figur. Menurutnya, kondisi artis yang dikejar tayang untuk syuting membuat mereka memerlukan konsumsi obat-obatan sebagai dopping.

"Kondisi ini mendorong bukan karena pergaulan, tetapi karena jadwal syuting yang stripping, kejar tayang, butuh kekuatan fisik optimal demi penampilan, butuh zat agar membuat tubuh tetap segar dan bugar," ungkapnya saat dihubungi, Selasa (29/01/2013).

Jika tidak menampilkan sesuatu yang baik, kata Mustafa, maka sang artis tak akan mendapatkan uang. Sehingga banyak artis lari kepada obat-obatan, terutama obat jenis psikotropika.

"Kondisi kerja yang tak kondusif, dan pemirsa melihat layar kaca muka artis yang sama terus, sampai kapan si artis bisa bertahan. Karena itu narkoba jenis Psikotropika membuat tubuh merasa segar, orang yang suka dugem kalau konsumsi itu bisa sampai pagi," tegasnya.

Salah satu contohnya yakni ekstasi. Namun Mustafa belum mengetahui temuan Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait narkoba jenis baru yang ditemukan di rumah artis Raffi Ahmad.

"Saya belum tahu persis detailnya, karena saya tak melihat langsung. Tapi memang macam-macam jenisnya, ilegal dan tak terkendali," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5557 seconds (0.1#10.140)