Masyarakat harus mulai sadar untuk jaga kebersihan

Sabtu, 19 Januari 2013 - 19:42 WIB
Masyarakat harus mulai sadar untuk jaga kebersihan
Masyarakat harus mulai sadar untuk jaga kebersihan
A A A
Sindonews.com - Salah satu penyebab banjir di DKI Jakarta adalah karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan.

"Belum ada kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungan yang bersih, masyarakat harus menjaga kebersihan kota, sehingga waktu musim hujan, salurannya tidak tersumbat," kata Pengamat perkotaan Universitas Trisakti Nirwono Joga dalam diskusi Sindo Radio di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2012).

Lebih lanjut dia mengatakan, akibatnya drainase air menjadi tidak berfungsi dengan baik. Sehingga tidak bisa menampung curah hujan yang cukup tinggi, alhasil air pun keluar dari salurannya. "Kalau hujan di Jakarta tidak lebat, tapi kawasan Sarinah-Thamrin sudah banjir," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat banjir Jakarta, jumlah total korban mencapai 15 jiwa meninggal dunia. Hasil tersebut bertambah, setelah ditemukannya beberapa korban banjir arus di Plaza Gedung UOB, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tambahan korban tersebut dari ditemukannya empat korban arus di Gedung UOB, dimana dua korbannya tewas.

"Satu korban meninggal diketemukan pagi tadi sekira pukul 05.30 WIB dengan jenis kelamin laki-laki. Pada sore ini tim gabungan kembali menemukan seorang korban tewas atas nama Herdian Eko (27)," kata Sutopo, lewat rilisnya kepada Sindonews, Sabtu (19/1/2013).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6078 seconds (0.1#10.140)